Minggu, 24 Agustus 2008

Napak Tilas di Pangandaran

Pangandaran, Agustus 23~24' 2008

Dah lama banget nih ga ke pantai yang satu ini. Kalo ga salah terakhir kali tuh jaman sekolah atau kuliah gitu? lupa...........

Waktu dateng ke Pantai ini, rasanya beda banget deh sama dulu. Rame banget di sepanjang pantai-nya. Tiap ke Pangandaran, paling yang dikunjungi itu-itu juga.

Seperti biasa, penginapan di Pantai Barat, cari sea food di Pantai Timur., cari sepupu (monyet! weleh, mengaku keturunan monyet?) di cagar alam, cari pasir putih bisa nyebrang naek perahu ato cari jalan tembus dari cagar alam. tinggal pilih mau kemana!

Ceritanya kita sekeluarga ikut rombongan yayasan wastukencana yang ngadain darmawisata, so...gretong gitu. Lumayan...

Nyampe di penginapan hari sabtu sore, just a couple hours before sunset.


Sunset

Ga aneh kan liat anak-anak sperti yang kesurupan kalo dah liat pasir dan air. Wuah, ga usah nunggu aba-aba dah langsung jumpalitan. Ga kaya ortunya, malu2 kucing, lama-lama kaya macan liat daging mentah juga.

Paling seneng liat anak2 heboh. Ga peduli badan dan baju kotor. Langsung nyebur!!!
Beneran yah, kalo hati senang, biar angin sekencang apapun, badan anakku fine-fine aja tuh. Sehat wal afiat. Padahal kalo di Bandung, sgala macem kata "jangan" dikeluarin.

Dari bada asar sampe ampir maghrib, tuh anak2 pada manteng terus di pasir.

Ba'da maghrib sih dah kebayang sama sea food aja. Tapi ga jadi berburu, soalnya di penginapan juga makan malem, lauknya sea food juga. Lumayan enak koq.





Sunrise

Nah, keesokan harinya. Jam 5 pagi, dah keluar penginapan. Langsung menuju pantai Timur. Pake becak lima ribu perak doang. Namanya juga Timur, ya kita liat sunrise dong. Asalnya sih kehalang awan dan sempet gerimis juga. Cuma jam enam-an awan dah ga ada, dan si pipi bundar dah keliatan banget. Kebetulan, waktu itu ga ada angin sama-sekali, jadi nongkrong lama2 juga nyaman aja.


Ikan Asin Jambal Roti Cocok

Di Pantai Timur ini emang gudangnya pedagang ikan, baik yang basah ataupun yang diasin. Tinggal pilih aja mau beli di kios yang mana, atau pedagang keliling juga ada. Berhubung sebelum pergi nanya2 dulu sama orang penginapan, jadinya kita ga mau ambil resiko salah ikan. Maklum, yang kita cari ikan asin jambal roti yang kalo digoreng muruluk. Katanya, ada beberapa macem ikan yang kemudian diasin trus dinamain Ikan asin jambal roti, salah satunya ikan caung. Cara bikinnya juga katanya beda. So, rasa dan hasilnya tiap ikan dan proses otomatis beda juga. Nah, yang katanya paling bagus itu namanya ikan asin jambal roti cocok. Dinamain cocok karena cara pembuatannya dicocokkin (apa sih, ga menerangkan banget! dicocokkin apa?)

Untung kita langsung nemuin kiosnya Bpk H Abun, tepat di depan pantai timur. Di situ, selain ikan asin jambal roti, ada juga produk ikan asin/tawar kering lainnya. Jadilah, kita ngeborong, terasi, rebon tawar, krupuk udang, dll. Selesai belanja langsung pulang ke penginapan buat siap2 sarapan pagi dan bermain pasir lagi di pantai barat.

Surfing

Bukan surfing sih. Tapi gogoleran di atas bantalan busa berbentuk papan seluncur sambil munggungin ombak yang dateng dari laut menuju pantai. Duuuuh, ga ada jaim2-nya deh. Mo balita sampe nenek2 juga ada.

Sea Food Lover

Di Pantai Timur, ada sebuah tempat yang didalamnya terdapat beberapa rumah makan seafood (kayaknya sih lebih dari 10 deh!). Setiap rumah makan umumnya menyajikan menu masakan sea food dadakan. Sea food mentahnya bisa dipilih sendiri oleh pembeli. Rata-rata sih sea food yang tersedia: bawal item/putih, udang, kakap, layur, cumi, lobster, kepiting, kuwe, apalagi yah?
kemaren juga ga liat kerang-kerangan. Koq ga ada gurita juga ya? padahal aku pengen banget makan gurita kecil. Makan tentakelnya yang kecil tapi panjang, Sluuuurrrrp. Mmmmm...sedap.

Tinggal pilih juga mau diolah dengan bumbu apa, asam manis yang segar, saos padang, goreng crispy, saos tirem, atau direbus doang. Jangan mimpi nemuin steam boat, ga nemu tuh!

Mahal banget sih kepitingnya. Nyebelin deh, kepiting yang ada telornya aja nyampe 100ribu sekilo, isinya cuma 3 ekor doang. Tapi, berhubung penasaran, akhirnya beli juga. Udang yang sejengkalan panjangnya 60 ribuan sekilo. Cumi 50ribu sekilo, Bawal item 60ribu juga sekilo. Semuanya dah masak. Mmmmmm yummy...

Temporary Tatoo

Pulang dari hunting seafood, nyempetin lagi jalan nyusurin pedagang di sekitar pantai Barat. Anak2 pada pengen ditatoo. Gambarnya keren2 juga, jadi kepengen.
Murah juga, untuk gambar kecil kira2 5-10 cm, ditawarin rp 10.000, tapi turun jadi rp7.500, soalnya yang ditatoonya 3 orang kurcaci. Baru mau digambar, udah ditelfon buat cepet pulang ke penginapan, soalnya Bus dah mau berangkat. Walah....aku ga kebagian di tatoo dong.
Katanya sih tatoo itu tahan sampe 3 minggu, pewarnanya terbuat dari Henna India.
Ceritanya, keukeuh pengen ditatoo, jadi bubuk henanya aku beli dikit buat di Bandung. Keuk...keuk....keukeuh kuadrat

Back to Bandung

Hampir ketinggalan Bus, untungnya barang2 dah diangkutin ke bagasi. Nyampe di kursi Bus, langsung deh pada tidur, mana pada kucel abis kepanasan, ga sempet cuci muka dulu. We're coming back home. See ya....












2 komentar:

Keke Naima mengatakan...

hai, 'lam kenal ya... asih nih ke Pangandaran. Sy br sekali, 6 tahun yg lalu kyaknya. Tapi kapok ah.. Di sananya sie enak, tp perjalanan ke sananya itu loh jauh bgt!! Hehe...

tinggal di bdg y mbak? Di mana di bdgnya?

ati mengatakan...

Salam kenal juga. Panggilnya apa yah? keke?.
Emang lumayan jauh jg sih.
Iya, aku tinggal di Bandung Timur, Panyileukan. Drmu tinggal dmn?